ANALISIS WACANA IKLAN PADA MAJALAH ELLE


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aspek mikrostruktural yang ada dalam majalah ELLE dan (2) mendeskripsikan aspek makrostruktural yang ada dalam majalah ELLE.

Data pada penelitian ini diperoleh dari majalah ELLE terbitan bulan Maret 2004, April 2004, Mei 2004, dan September 2005, dan Oktober 2005. Data diperoleh dengan dua macam teknik yaitu teknik simak (baca). Untuk menguji keabsahan data dilakukan uji validitas dan reliabilitas data. Uji validitas dilakukan dengan cara uji validitas semantis.  Sementara itu, reliabilitas data diuji dengan teknik stabilitas data. Data yang terkumpul dianalisis dengan 2 metode yaitu metode padan dan metode agih. Metode padan digunakan untuk menguji data yang bersifat nonverbal yaitu ikon warna dan bintang iklan, dan aktivitas. Metode padan yang digunakan pada penelitian ini adalah sub jenis pertama yaitu metode referensial.  Selain metode padan data dianilisis juga dengan metode agih yaitu teknik perluas dan teknik baca markah

Dengan menggunakan analisis mikrostruktural pada wacana iklan majalah ELLE diketahui bahwa  (1) nama produk pada iklan kecantikan, iklan aksesoris, dan iklan makanan/minuman  mengandung aspek kebahasaan yang meliputi (a) mot-valise (Singkatan dua leksem), (b) homophone (homofon), (c) métonimie (metonomia), (d) sens métaphorique (makna metaforis), dan (e) image éthnique (penonjolan kesan etnis), (2) aspek lingual slogan pada wacana iklan kecantikan, iklan aksesoris, dan iklan makanan/minuman pada majalah ELLE mencakup delapan fenomena kebahasaan yaitu (a) Jeu de sons (permainan bunyi), (b) répétion lexicale (pengulangan leksikal), (c) mot-valise (gabungan kata), (d) sens métaphorique (makna metaforis), (e) substitution phonèmique (penggunaan non leksikon), (f) langue étrangère (penggunaan bahasa asing), (g) le but de produit (manfaat produk), (h) identité de produit (identitas produk).  Secara makrostruktural, hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) ikon warna yang dominan pada iklan kecantikan, iklan aksesoris, dan iklan makanan adalah warna putih, hitam, merah, kuning/gold, biru, coklat, krem, merah muda, abu-abu, violet, hijau, dan warna-warni, (2) berdasarkan analisis data diketahui bahwa bintang atau model iklan untuk jenis iklan bervariasi yang meliputi penonjolan bintang wanita, laki-laki, anak-anak, bibir model, wajah, dan pasangan bintang, dan (3) aspek ikon aktivitas bintang pada iklan kecantikan, aksesoris, dan iklan makanan  cukup bervariasi, ada yang menonjolkan aktivitas tertentu, dan ada pula yang tidak memiliki aktivitas. Aktivitas dominan pada ketiga iklan tersebut adalah tersenyum, diikuti oleh aktivitas tidur atau tiduran. Sanngat sedikit aktivitas fisik yang dilakukan oleh sang bintang, baik pada iklan kecantikan, aksesoris, maupun iklan makanan.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: